Berikut ini ucapan selamat Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember, lengkap beserta sejarahnya. Tahun ini, peringatan Hari Ibu jatuh pada besok, Rabu (22/12/2021). Hari Ibu adalah peringatan atau perayaan yang ditujukan kepada peran seorang Ibu dalam keluarganya.

Selain itu, peringatan Hari Ibu juga menjadi bentuk penghargaan terhadap perjuangan para perempuan Indonesia. Untuk memeriahkan peringatan Hari Ibu, alangkah baiknya Anda memberikan ucapan atau ungkapan hati untuk ibu tercinta. 1. I'm so proud to be your kid!

Aku sangat bangga menjadi anakmu! 2. You're the best mom in the world, I'm so thankful for you every day. Anda ibu terbaik di dunia, saya sangat berterima kasih untuk Anda setiap hari.

3. I'm who I am today because of you, Mom . Aku yang sekarang ini karenamu, Bu. 4. Thank you for always taking care of us, even when it wasn't easy. We love you so much!

Terima kasih karena selalu menjaga kami, bahkan ketika itu tidak mudah. Kami sangat mencintaimu! 5. I’m glad that you’re my mother because I’m not sure anyone else could have put up with me this long! Love you, Mom. Saya senang bahwa Anda adalah ibu saya karena saya tidak yakin ada orang lain yang bisa bertahan dengan saya selama ini! Aku sayang kamu ibu.

6. Mom, thank you for being my anchor in this stormy sea of life. I love you and don’t know where I’d be without you. Have a great day today. Bu, terima kasih telah menjadi jangkar saya di lautan kehidupan yang penuh badai ini . Aku mencintaimu dan tidak tahu di mana aku tanpamu. Semoga hari ini menyenangkan. 7. I feel so lucky to have you as my mom. Thanks for always believing in me and doing so much for me each day. Have a great Mother’s Day.

Saya merasa sangat beruntung memiliki Anda sebagai ibu saya. Terima kasih karena selalu percaya pada saya dan melakukan banyak hal untuk saya setiap hari. Selamat Hari Ibu. 8. Growing up I don’t think I realized just how much you did to keep our day to day life running so smoothly. Now that I’m grown up, I am in awe of everything you did for us, and I admire you all the more. Thank you for making my childhood such a special one! I love you, Mom! Tumbuh dewasa Saya tidak berpikir saya menyadari betapa banyak yang Anda lakukan untuk menjaga kehidupan kita sehari hari berjalan begitu lancar. Sekarang setelah saya dewasa, saya kagum dengan semua yang Anda lakukan untuk kami, dan saya semakin mengagumi Anda. Terima kasih telah membuat masa kecilku begitu istimewa! Aku mencintaimu ibu!

9. Mom, you are the most outstanding woman in my life, and you’ll always be my number one. Bu, kamu adalah wanita paling luar biasa dalam hidupku, dan kamu akan selalu menjadi nomor satuku. 10. Mom, I honestly don’t know how I’d get through each day without you by my side. Thank you for being such a supportive mother to me, and a fantastic grandmother to my children. We all love you so much!

Bu, sejujurnya aku tidak tahu bagaimana aku melewati setiap hari tanpamu di sisiku. Terima kasih telah menjadi ibu yang mendukung saya, dan nenek yang luar biasa bagi anak anak saya. Kami semua sangat mencintaimu! 11. Thanks for being an incredible mother and role model to me during my childhood. I am so thankful to have your support and guidance as I navigate through life. Terima kasih telah menjadi ibu dan panutan yang luar biasa bagi saya selama masa kecil saya. Saya sangat berterima kasih atas dukungan dan bimbingan Anda saat saya mengatur kehidupan.

12. Thank you Mom for showing me how to be the best version of myself. I am a strong woman because a strong woman raised me. I am so thankful for everything you’ve done for me. Terima kasih Ibu telah menunjukkan kepada saya bagaimana menjadi versi terbaik dari diri saya sendiri. Saya seorang wanita yang kuat karena seorang wanita yang kuat membesarkan saya. Saya sangat berterima kasih atas semua yang telah Anda lakukan untuk saya. 13. Thank you for being a source of strength, guidance, happiness, and inspiration to our family every day. Our world is a brighter place with you in it!

Terima kasih telah menjadi sumber kekuatan, bimbingan, kebahagiaan , dan inspirasi bagi keluarga kami setiap hari. Dunia kami adalah tempat yang lebih cerah dengan Anda di dalamnya! 14. To the most amazing mom in the entire universe, Happy Mother’s Day. I love you to the moon and back! Untuk ibu yang paling menakjubkan di seluruh alam semesta, Selamat Hari Ibu. Aku mencintaimu sampai kapanpun!

15. To my mother: who never sends me out into the cruel world without first wrapping me up in the warmth of her love. I love you, Mom! Untuk ibuku: yang tidak pernah mengirimku ke dunia yang kejam tanpa terlebih dahulu membungkusku dalam kehangatan cintanya. Aku mencintaimu ibu! 16. Mom, thanks for setting a great example of what it means to be a woman, a mother, and a good person.

Bu, terima kasih telah memberikan contoh yang bagus tentang apa artinya menjadi seorang wanita, seorang ibu, dan orang yang baik. 17. I don't know what I'd do without you, Mom. Thank you for everything that you do! Aku tidak tahu apa yang akan kulakukan tanpamu, Bu. Terima kasih untuk semua yang Anda lakukan!

18. I never knew how hard it was to be a mom because you made it look so easy! Saya tidak pernah tahu betapa sulitnya menjadi seorang ibu karena Anda membuatnya terlihat begitu mudah! 19. Raising me took a lot of patience, thank you for everything that you've done!

Membesarkan saya membutuhkan banyak kesabaran. terima kasih atas semua yang telah Anda lakukan! 20. Your strength and love have guided me. Happy Mother’s Day! Kekuatan dan cintamu telah membimbingku. Selamat Hari Ibu!

Dikutip dari Bone.go.id , sejarah Hari Ibu berawal dari Gema Sumpah Pemuda dan lantunan lagu Indonesia Raya dalam Kongres Pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928. Hal tersebut mampu menggugah semangat para pimpinan perkumpulan kaum perempuan untuk mempersatukan diri dalam satu kesatuan wadah mandiri. Pada saat itu sebagian besar perkumpulan masih merupakan bagian dari organisasi pemuda pejuang pergerakan bangsa.

Selanjutnya, atas prakarsa para perempuan pejuang pergerakan kemerdekaan pada tanggal 22 25 Desember 1928 diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama kali di Yogyakarta. Salah satu keputusannya adalah dibentuknya satu organisasi federasi yang mandiri dengan nama Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia (PPPI). Melalui PPPI tersebut terjalin kesatuan semangat juang kaum perempuan untuk secara bersama sama kaum Laki laki berjuang meningkatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka, dan berjuang bersama sama kaum perempuan untuk meningkatkan harkat dan martabat perempuan Indonesia menjadi perempuan yang maju.

Pada tahun 1929 Perikatan Perkoempoelan Perempuan Indonesia (PPPI) berganti nama menjadi Perikatan Perkoempoelan Istri Indonesia (PPII). Kemudian, pada tahun 1935 diadakan Kongres Perempuan Indonesia II di Jakarta. Kongres tersebut berhasil membentuk Badan Kongres Perempuan Indonesia, dan juga menetapkan fungsi utama Perempuan Indonesia sebagai Ibu Bangsa, yang berkewajiban menumbuhkan dan mendidik generasi baru yang lebih menyadari dan lebih tebal rasa kebangsaannya.

Pada tahun 1938 Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung menyatakan bahwa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Selanjutnya, dikukuhkan oleh Pemerintah dengan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari hari Nasional yang Bukan Hari Libur tertanggal 16 Desember 1959. Kepres tersebut menetapkan bahwa Hari Ibu tanggal 22 Desember merupakan hari nasional dan bukan hari libur.

Tahun 1946 Badan ini menjadi Kongres Wanita Indonesia disingkat KOWANI, yang sampai saat ini terus berkiprah sesuai aspirasi dan tuntutan zaman. Peristiwa besar yang terjadi pada tanggal 22 Desember tersebut kemudian dijadikan tonggak sejarah bagi Kesatuan Pergerakan Perempuan Indonesia. Hari Ibu oleh bangsa Indonesia diperingati tidak hanya untuk menghargai jasa jasa perempuan sebagai seorang ibu, tetapi juga jasa perempuan secara menyeluruh, baik sebagai ibu dan istri maupun sebagai warga negara, warga masyarakat dan sebagai abdi Tuhan Yang Maha Esa, serta sebagai pejuang dalam merebut, menegakan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan nasional.

Peringatan Hari Ibu dimaksudkan untuk senantiasa mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda, akan makna Hari Ibu sebagai Hari kebangkitan dan persatuan serta kesatuan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa. Untuk itu perlu diwarisi api semangat juang guna senantiasa mempertebal tekad untuk melanjutkan perjuangan nasional menuju terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Semangat perjuangan kaum perempuan Indonesia tersebut sebagaimana tercermin dalam lambang Hari Ibu berupa setangkai bunga melati dengan kuntumnya, yang menggambarkan:

1. Kasih sayang kodrati antara ibu dan anak; 2. Kekuatan, kesucian antara ibu dan pengorbanan anak; dan 3. Kesadaran wanita untuk menggalang kesatuan dan persatuan, keikhlasan bakti dalam pembangunan bangsa dan negara.

Semboyan pada lambang Hari Ibu Merdeka Melaksanakan Dharma mengandung arti bahwa tercapainya persamaan kedudukan, hak, kewajiban, dan kesempatan antara kaum perempuan dan kaum laki laki merupakan kemitraan sejajar yang perlu diwujudkan dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi keutuhan, kemajuan dan kedamaian bangsa Indonesia.

Comments to: Ucapan Selamat Hari Ibu yang Diperingati Setiap Tanggal 22 Desember, Simak Sejarahnya

Your email address will not be published. Required fields are marked *