Sejarah PT Bussan Auto Finance (BAF)

baf

PT Bussan Auto Finance (BAF) telah menjalani perjalanan panjang sejak didirikan pada tahun 1995. Awalnya bernama PT Pembiayaan Getraco Indonesia, Perseroan telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu perusahaan pembiayaan terkemuka di Indonesia.

Perubahan Nama dan Transformasi

Perusahaan ini memulai perjalanan bisnisnya dengan fokus pada pembiayaan sepeda motor baru merek Yamaha. Pada tahun 1997, terjadi perubahan signifikan ketika PT Danamon Sanggrahan, Mitsui, dan Yamaha menjalin kerjasama melalui joint venture. Perusahaan ini pun mengalami perubahan nama menjadi PT Danamon Mits Otomotif Finance. Pada tanggal 24 September 1997, yang sejak itu diperingati sebagai hari ulang tahun Perseroan, menjadi tonggak bersejarah.

Akuisisi dan Kepemilikan Saham

Pada tahun 1998, Mitsui & Co., Ltd. mengakuisisi seluruh kepemilikan PT Danamon Sanggrahan, menjadikannya pemegang saham utama dengan 75% kepemilikan. Perubahan signifikan terjadi pada tahun 1998 ketika Perseroan diubah namanya menjadi PT Bussan Auto Finance, dengan fokus bisnis tetap pada pembiayaan sepeda motor baru merek Yamaha.

Perkembangan Kepemilikan Saham

Seiring berjalannya waktu, terjadi perubahan dalam kepemilikan saham PT Bussan Auto Finance. Pada tahun 2018, Mitsui & Co., Ltd. meningkatkan kepemilikan sahamnya menjadi 68,3%. Pada tahun 2019, melalui serangkaian transaksi, kepemilikan saham berubah menjadi Mitsui & Co., Ltd. (65,0%), Yamaha Motor Co., Ltd. (17,7%), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (2,3%), dan PT Sinergi Autoindo Abadi (15,0%).

Inovasi dan Diversifikasi Produk

Dalam menjawab kebutuhan masyarakat, PT Bussan Auto Finance terus berinovasi. Selain pembiayaan sepeda motor, Perseroan juga menyediakan berbagai produk pembiayaan seperti mobil, elektronik, gadget, furnitur, motor bekas, dan mesin pertanian. Pada tahun 2022, BAF memperkenalkan dua produk baru, yaitu BAF PraDana dan BAF AdiDana, yang memberikan solusi pembiayaan produktif dengan berbagai skema fasilitas modal usaha.

Jaringan dan Layanan

Hingga akhir tahun 2022, PT Bussan Auto Finance telah mengoperasikan 246 lokasi di seluruh Indonesia, termasuk 165 kantor cabang dan 81 kantor selain kantor cabang (griya). Dukungan dari 4.021 karyawan memastikan layanan yang optimal. Perusahaan juga memperluas jaringan pembayaran angsuran melalui kerja sama dengan pihak ketiga, termasuk jaringan perbankan, gerai ritel, dan platform pembayaran elektronik.

Regulasi dan Pengawasan

Sebagai entitas yang bergerak di sektor keuangan, PT Bussan Auto Finance terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), memastikan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku.

Penutup

Perjalanan panjang PT Bussan Auto Finance mencerminkan ketekunan dan dedikasi perusahaan dalam menyediakan solusi pembiayaan yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dengan transformasi dan diversifikasi produk, BAF terus berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *