SILO DISNAKER memiliki peranan yang sangatlah penting, terutama bagi sebuah perusahaan. SILO itu sendiri adalah singkatan dari Surat Izin Layak Operasi yang mana di sini berguna sebagai legalitas izin yang diberikan pada perusahaan untuk melakukan operasi alat-alat berat. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Surat Izin Layak Operasi tersebut berikut akan diulas secara singkat.

Apa Itu SILO?

Surat Izin Layak Operasi adalah sebuah lisensi operasional untuk tiap izin, persetujuan, penyerahan dan pendaftaran yang dibutuhkan untuk operasi yang sah serta efektif oleh perusahaan dalam pengerjaan alat berat dalam melakukan pekerjaan mereka.

Dengan memiliki SILO ini maka sebuah perusahaan tentu akan memperoleh izin secara resmi untuk penggunaan alat-alat berat dalam melakukan berbagai macam proyek. Karena seperti ddiberika, penggunaan alat-alat berat pasti mengandung banyak resiko di dalamnya. Maka dari itulah penting untuk memiliki kelayakan lebih dahulu dan hal tersebut dibuktikan dengan Surat Izin Layak Operasi.

Terdapat perbedaan antara SILO dengan SIO. Di atas Anda sudah mengerti apa kepanjangan dari SILO sendiri. Sedangkan untuk SIO merupakan kependekan dari Surat Izin Operator. SIO semacam sertifikat yang nantinya akan diberikan mengenai izin individu maupun perusahaan dalam hal kelayakan untuk melakukan pengoperasian angkat serta alat berat.

Secara umum di sini masyarakat mengetahui SIO yang disingkat sebagai Surat Izin Operator. Sedangkan untuk izinnya sendiri lebih cenderung dikenal dengan nama SIA. SIA merupakan singkatan dari Surat Izin Alat. Sedangkan untuk SIO merupakan izin untuk operatornya, keduanya merupakan sertifikat kelayakan operasi.

Surat izin alat merupakan jenis sertifikat kelayakan yang diberikan terkait mengenai izin dalam menggunakan alat-alat transportasi berat di perusahaan. Untuk memilikinya maka di sini harus memenuhi semua persyaratan lebih dahulu. Berikut ini adalah syarat untuk melakukan pengurusan SILO yang perlu untuk Anda ketahui.

Profil dari perusahaan

Foto alat berat, meliputi identitas serta spesifikasi dari alat berat yang berhubungan dengan perizinan untuk pembuatan Surat Izin Layak Operasi

Syarat Pembuatan SILO :
  • NPWP (Jika ada)
  • KTP
  • Ijazah (Minimal SMA atau setingkatnya)
  • Pas Foto Bewarna

 

Comments to: Pentingnya SILO Disnaker

Your email address will not be published.