haid tidak lancar seringkali menimbulkan rasa khawatir untuk mayoritas wanita. Kondisi yang demikian bisa berupa siklus menstruasi yang memendek maupun memanjang, bahkan tak sedikit yang tidak mengalami menstruasi sama sekali. Penyebab haid tidak lancar sangatlah beragam dan mungkin akan membutuhkan penanganan dari dokter.

Apa Penyebab Haid Tidak Lancar

Menstruasi merupakan proses meluruhnya bagian dinding rahim yang disertai oleh keluarnya darah dari bagian vagina. Siklus menstruasi tersebut umumnya berlangsung antara 28 hari hingga 36 hari, sedangkan menstruasi itu sendiri biasa terjadi selama 3 hingga 7 hari.

Terdapat beberapa faktor yang di sini dapat menjadi faktor pemicu mengapa menstruasi tidak lancar maupun tidak teratur. Penyebab-penyebab tersebut diantaranya yaitu:

Kehamilan

Kehamilan biasanya akan ditandai dengan menstruasi yang terhenti. Jika di sini Anda mengalami hal tersebut maka coba periksakan diri Anda pada dokter guna memastikan apakah di sini Anda sedang hamil atau tidak. Dokter umumnya akan merekomendasikan tes kehamilan dan juga USG.

Menopause

Menjelang masa menopause biasanya menstruasi dapat Jadi kurang lancar. Hal tersebut dikarenakan produksi dari hormon progesteron dan estrogen di dalam tubuh yang tidak teratur.

Alat Kontrasepsi

Pemakaian alat kontrasepsi seperti pil KB ataupun IUD memang dapat mengakibatkan perubahan terhadap siklus menstruasi. IUD di sini bisa mengakibatkan darah yang keluar cenderung lebih banyak dan umumnya mengalami nyeri perut ketika masa menstruasi.

Sedangkan pemakaian pil KB hal itu dapat mengakibatkan sedikitnya darah menstruasi yang nantinya keluar, terutama di sini di awal masa pemakaiannya. Atau bahkan Anda tidak akan mengalami menstruasi sama sekali hingga jangka waktu 6 bulan.

Sindrom Ovarium Polikistik

Penyebab haid tidak lancar selanjutnya yaitu dikarenakan kelainan hormonal yang terjadi pada wanita yang dikenal dengan sindrom ovarium polykistik. Wanita dengan gejala tersebut bisa mengalami periode menstruasi yang akan cukup panjang.

Ketidaknormalan yang terjadi pada proses pelepasan sel telur mengakibatkan wanita menderita sindrom tersebut serta tidak mengalami haid atau menstruasi, namun darah yang keluar hanyalah sedikit.

Pola Hidup

Penyebab haid yang tidak lancar bisa juga diakibatkan oleh karena pola hidup. Seperti contohnya olahraga yang berlebihan, berat badan berlebih atau obesitas dan penurunan berat badan secara drastis karena program diet.

Hal itu bisa mengakibatkan hipogonadisme atau berkurangnya hormon reproduksi yang mana hal itu bertugas dalam mengatur siklus menstruasi. Tak hanya itu saja, stres juga akan berpengaruh terhadap siklus menstruasi.

Tiroid Bermasalah

Kelenjar tiroid terdapat di area leher serta di sini berfungsi dalam memproduksi hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Ketika kelenjar tiroid ini mengalami masalah, maka menstruasi pun nantinya akan terpengaruh.

Karena itulah penting bagi Anda untuk mengkonsultasikan hal tersebut pada dokter supaya nantinya bisa dilakukan tes darah untuk melihat kadar hormon tiroid di dalam darah Anda. Selain itu juga menstruasi yang tidak lancar bisa diakibatkan oleh gangguan makan, tingginya kadar prolaktin di dalam darah, mengkonsumsi obat-obatan tertentu bahkan hingga penyakit diabetes.

 

Itulah tadi beberapa penyebab haid tidak lancar yang perlu untuk Anda ketahui. Dalam mengatasi haid yang tidak lancar ini maka Anda bisa mengubah gaya hidup jadi lebih sehat dan Anda juga perlu mengelola stres dengan baik.

Anda juga perlu untuk mengganti alat kontrasepsi yang dipakai jika sudah 3 bulan pemakaian menstruasi namun masih tidak lancar. Jika menstruasi terjadi selama lebih dari satu minggu atau mengalami pendarahan dan Anda juga sering kali merasakan nyeri yang parah, maka perlu konsultasi ke dokter agar mengetahui penyebabnya dan bisa dilakukan penanganan dengan cepat.

Comments to: Ketahui Penyebab Haid Tidak Lancar

Your email address will not be published.