Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang seharusnya menjadi balapan Internasional pertama di Sirkuit Mandalika batal dilaksanakan pada Minggu (14/11/2021). Dikabarkan Dorna Sport selaku penyelenggara balapan MotoGP melakukan pembatalan lantaran adanya kekurangan marshal. Lantas apakah itu marshal?

Mengapa marshal sangat penting hingga membuat balapan ATC ditunda? Marshal merupakan seorang petugas berseragam oranye yang bertanggungjawab atas keselamatan para pembalap saat berlaga di sirkuit. Marshal akan ditempatkan di berbagai titik berbahaya yang ada di sekitar lintasan balap untuk membantu para pembalap jika terjadi kerusakan, kecelakaan, atau masalah lain yang menyangkut trek.

Apa peran dan tugas utama para marshal selama balapan? Dikutip dari Autosport.com/f1.com, ada berbagai macam peran dan tugas berbeda yang dapat dilakukan oleh seorang marshal. Mulai dari tugas yang jelas terlihat di TV hingga peran administratif yang kurang dikenal.

Berikut beberapa tugas dan jenis marshal. 1. Trackside marshal Ini adalah marshal yang mungkin paling jelas muncul di pikiran dan dapat secara teratur ditemukan di layar TV.

Tanggung jawab mereka membantu memastikan lintasan bebas dari rintangan yang berpotensi berbahaya. Ini termasuk pemulihan motor/ mobil yang rusak dan memindahkannya ke tempat yang aman lalu membersihkan puing puing, kerikil atau oli dari sirkuit. 2. Marshal Bendera:

Tugasnya termasuk memperingatkan pesaing tentang potensi bahaya, seperti mobil yang berputar, dengan mengibarkan bendera kuning atau memberi tahu pembalap bahwa trek sudah bersih lagi dengan menunjukkan bendera hijau. Finishline marshal: Marshal ini memiliki tugas tambahan untuk mengibarkan bendera kotak kotak di akhir lomba. 3. Pit marshal:

Kelompok marshal ini bertugas di pitlane, ketika terjadinya tabrakan antara motor/mobil yang masuk dan keluar pitbox atau bisa juga mengatasi kebakaran saat mengisi bahan bakar. 4. Startline marshal: Marshal ini memainkan peran penting sebelum dimulainya balapan, memastikan bahwa semua motor/mobil berbaris dengan benar sesuai grid.

Mereka kemudian mengibarkan bendera kuning jika ada pembalap yang berhenti atau berusaha keluar dari garis saat balapan dimulai. 5. Paddock marshal: Para marshal Paddock melakukan berbagai tugas termasuk memastikan semua motor/mobil berbaris dengan benar di area perakitan, sebelum mereka menuju ke grid.

6. Administratif marshal: Marshal juga melaksanakan sejumlah tugas administratif di belakang layar, seperti berkomunikasi antara kepala pos marshal dan petugas kursus, yang bertanggung jawab atas perlombaan. Dengan tugas sebanyak dan seberat itu, ternyata para marshal ini adalah sukarelawan alias tidak dibayar.

Inilah mengapa sangat penting bagi para marshal untuk menyukai motorsport. Terkadang ada klub balan penyelenggara mnawarkan upah dalam bentuk voucher, token, makanan hingga tip uang. Dari rincian tugas tugas dan peran peran marshal bisa dipastikan, tanpa marshal, tentunya tidak akan ada balapan.

Terkait dengan Balapan ATC 2021 yang awalnya digelar pada Minggu (14/11/2021), kemudian mundur menjadi 19 21 November mendatang.

Comments to: Apa Itu Marshal? Faktor Utama yang Bikin IATC di Mandalika Ditunda Digelar

Your email address will not be published. Required fields are marked *